OPERA MINI

Dulu saya ngira kalau opera mini itu pertunjukan opera yang ada di taman mini, lalu ngira lagi opera yang durasi putarnya sangat pendek alias mini lalu ngira juga opera yang digelar dipanggung yang kecil atau mini. Ngga tahunya, Opera Mini adalah salah satu browser alternatif berbasiskan Java untuk mengakses internet melalui ponsel. Keunggulannya adalah akses 2-3 kali lebih cepat dari browser bawaan ponsel. Selain itu, dengan Opera Mini penggunaan bandwith internet bisa lebih kecil, bisa sampai hanya 1/10 dari browser biasa.

Ketika mengakses halaman-halaman situs, Opera Mini tidak langsung mengakses ke server situs tersebut. Opera Mini mengakses sebuah situs dengan melalui server dari Opera Mini tersebut, dan di server Opera Mini tersebut, halaman situs yang ingin kita akses dilakukan kompresi, dilakukan reduksi resolusi gambar, bahkan menghilangkan script yang tidak diperlukan jika sebuah situs diakses melalui ponsel.

Dalam upaya menjadi lebih cepat dan hemat bandwith, Opera Mini dilengkapi dengan beberapa fitur yang ciamik. Fasilitas RSS Feeder-nya cukup ampuh untuk sekedar mengikuti update dari supmbogor88.blogspot.com dan detikNews. Fitur search langsung ke Google dan Wikipedia cukup memudahkan untuk melakukan pencarian. Dan pada versi Opera Mini yang terakhir sudah dilengkapi dengan fasilitas User Account, sehingga jika kita melakukan install ulang, tidak perlu membuat setting baru, karena semua setting terdahulu mengikuti Account kita. Fitur ini tentunya juga bisa digunakan, jika kita gemar pinjam ponsel teman yang ber-Opera Mini, dengan User Account kita, setting Opera Mini langsung berpindah sesuai dengan kepunyaan kita.

View aliaspilan Opera Mini dapat diatur agar tidak bergambar. Jika bergambar pun kita memiliki 3 opsi, dari gambar yang beresolusi rendah, menengah dan tinggi. Kita juga bisa memilih, tampilan sebagai Mobile View dan tidak. Jika tampilan kita atur sebagai Mobile View, tampilan situs diatur ulang menyesuaikan layar ponsel agar nyaman dibaca pada ponsel yang berlayar kecil.

Dari pengalaman, akses melalui Opera Mini sangat murah. Jika setting Load Image di-off-kan, akses ke Gmail, hanya 5-10KB, search ke Google 2-3KB, ke halaman awal supmbogor88.blogspot.com, 12KB. Dengan paket Mentari atau IM3 yang bertarif Rp. 1/KB, voucher 10 ribu pun bisa cukup untuk sebulan. Apalagi tawaran Axis sekarang ini. StarOne juga bisa menjadi pilihan menarik jika ponsel kita CDMA. Saking murahnya, akses melalui Opera Mini sudah serasa Unlimited.

Dan satu keunggulan Opera Mini sebagai browser hebat yang bisa di-install di ponsel, menjadikan kita menjadi mobile, bisa membuka, menulis komentar maupun konten supmbogor88.blogspot.com dari toilet sekalipun.

Udah pada coba belum?

Tinggalkan komentar